Kumpulan Artikel

Memberikan sajian artikel-artikel buat kalian yang sedang mencari referensiatau inspirasi

Recent Posts

Responsive Ads Here

Friday 18 March 2016

Cara Install Sistem Operasi Ubuntu Server 14.04 LTS dengan VMware dan koneksi internet dengan Modem GSM USB

Assalammu'alaikum wr.wb.
Sebelumnya saya mau ngucapkan terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk mampir ke blog saya, mengucapkan salam kepada kalian semua, semoga semuanya dalam keadaan sehat amin.

Baiklah kita langsung saja ke Pokok pembahasan yaitu bagaimana Cara Intall sistem Operasi Ubuntu Server dengan VMware dan koneksi internet dengan Modem GSM USB.

Bahan Yang perlu kita siapkan yaitu :
1. OS Ubuntu Server, disini saya menggunakan Ubuntu Server 14.04 LTS. yang telah di jadikan file Iso.
2. Applikasi VMware
3. Modem GSM USB, dan pastikan Kuota Internet nya masih ada... hehe
4. yang pasti Laptop/PC ... :D

Oke sekarang yang harus kita lakukan yang pertama adalah koneksi kan Modem GSM anda ke Laptop/PC dan pastikan laptop anda sudah terkoneksi ke Internet. seperti gambar dibawah ini.



setelah sudah terkoneksi. sekarang cek dulu IP address yang di dapat dari Modem GSM nya..
dengan menggunakan CMD (Command Prompt) dengan mengetikkan "ipconfig" lalu enter. dan hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.



dan catat IP yang telah saya lingkarin, nanti IP ini akan kita pergunakan sebagai gateway agar menuju ke Akses Internet.
Oke sekarang kita buka Aplikasi VMware nya sebelum kita akan membuat Virtual OS ubuntu server nya kita atur dulu Virtual Network editor nya dengan cara
klik menu Edit > lalu pilih > Virtual Network Editor.

dan atur la sesuai dengan gambar dibawah ini. karena saya disini ingin menggunakan IP 192.168.1.xxx tapi kalau anda ingin mengatur IP nya sesuai dengan kebutuhan anda tinggal anda atur sendiri. setalah pengaturan sudah selesai silakan klik Apply dan OK.


 lalu kita akan melakukan Installasi Ubuntu Server nya. 
pertama klik "Create a New Virtual Machine" yang telah saya lingkarin. 

setelah muncul dialog baru pilih Typical (recommended) lalu klik Next.


Dan silakan pilih option yang tertera pada gambar dibawah ini. setelah itu klik Next Kembali


setelah itu pada Guest operating system pilih Option Linux dan pada versi nya berhubung laptop saya menggunakan 64bit jadi ya pilih Ubuntu 64-bit. tapi itu tidak terlalu berpengaruh yang penting kita menggunakan OS yang ubuntu server 64 bit atau 32 bit. oke saya rasa kalian sudah sangat memahami masalah itu. setelah Option sudah kita pilih silakan klik Next kembali.

kemudian setelah itu isi nama Virtual Machine nya terserah anda : disini saya isi dengan nama "Ubuntu Server 14.04 LTS" dan pada Location nya saya simpan di D:\VMWare\OS virtual Ubuntu server. setelah itu klik Next.

setelah itu atur la kapasitas yang tertera pada gambar dibawah ini. atau atur la sesuai dengan kebutuhan anda. setelah pengaturannya sudah selesai maka klik Next Kembali.

setelah itu jangan klik Finish dulu tapi klik Customize Hardware... lalu atur la spesifikasi Hardware nya
Memori saya gunakan 1 GB tergantung spesifikasi Komputer anda.
Processord 1, New CD/DVD (SATA) adalah tempat dimana file Iso OS Ubuntu Server anda tersimpan. dan pada Network Adapternya saya Gunakan Customer (VMnet1) karena itu telah kita atur di menu edit > Virtual Network Editor. dan yang lain di default kan saja. lalu klik Close dan klik Finish.


setelah pengaturan VMwarenya sudah selesai 
kita buka dulu Control panel yang ada di Komputer anda > lalu Pilih > Network And Sharing Center > lalu pilih > Change adapter Settings -- Lalu Pilih > VMware Network Adapter VMnet1 klik kanan lalu klik Properties. dan aturlah sesuai dengan gambar dibawah ini.

* catatan sedikit Default gateway IP 10.143.139.241 itu adalah IP yang kita dapat dari Modem GSM yang telah kita cek sebelumnya. dan IP 192.168.1.1 adalah Ip yang telah kita atur di Virtual Network Editor. jadi isinya sesuai dengan yang telah kita atur sebelumnya ya. agar sinkron nantinya... :D



Oke sekarang untuk pengaturan di VMware dan Network pada Control Panel nya sudah Selesai. tinggal di jalankan saja Ubuntu Server nya. dengan mengklik salah satu menu yang telah saya lingkarin.


sekarang tinggal bagaimana cara Step-by step melakukan installasi Ubuntu Server nya silakan Klik disini untuk lanjutan Tutorial Step by step install Ubuntu server
http://websterilmu.blogspot.co.id/2015/10/tutorial-step-by-step-installasi-ubuntu.html

Setelah installasi Ubuntu server nya sudah selesai maka saatnya kita setting agar ubuntu servernya bisa akses Internet menggunakan Modem GSM yang telah kita koneksikan.

pertaman login ke ubuntu servernya dan masukkan password yang telah kita buat.


lalu kita masukkan IP secara static saja. dengan cara

sudo nano /etc/network/interfaces lalu enter


auto eth0
iface eth0 inet static
        address 192.168.1.109
        netmask 255.255.255.0
        network 192.168.1.0
        gateway 192.168.1.2
        broadcast 192.168.1.255

lalu tekan " Ctrl + X " lalu tekan Y dan enter

kemudian restart networknya
dengan cara 

/etc/init.d/networking restart   lalu enter

atau 

shutdown -r now

untu merestart Ubuntu servernnya

setelah itu masuk lagi sebagai pengguna root
dengan. 

sudo nano /etc/resolv.conf  lalu enter

dan masukkan nameserver nya

nameserver 192.168.1.2
nameserver 202.134.0.155
nameserver 203.130.196.155


lalu tekan " Ctrl + X " lalu tekan Y dan enter


setelah pengaturan IP dan nameservernya selesai tinga melakukan pengujian dengan melakukan Ping ke beberapa IP publik seperti IP DNS Google. yaitu 8.8.8.8 atau IP publik yang lain
dan melakukan ping ke beberapa Domain seperti ping google.com, facebook.com, detik.com dan lain-lain. oke sekarang hasil pengjian terlihat seperti gabar dibawah ini.


setelah hasil pengujian seperti gambar diatas maka kita tugas kita telah berhasil melakukan seperti judul yang Artikel ini.

semoga artikel ini sedikit memberikan informasi inspirasi bagi teman-teman yang ngin melakukan pengembangan baik itu Server maupun jaringan sebagai media pembelajaran nanti... 

Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya... :)

TERIMA KASIH
Wassalammu'laikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment